Manfaat Tempe Bagi Kesehatan Tubuh

By | January 20, 2017

Manfaat Tempe Bagi Kesehatan Tubuh – Tempe merupakan salah satu makanan khas Indonesia dan sudah jelas tidak asing lagi bagi kehidupan sehari-hari kita. Makanan bersumber dari kacang kedelai ini mengandung protein yang tinggi dan sangat bergizi.

Manfaat Tempe Bagi Kesehatan

Serupa dengan tahu, tempe juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang berkhasiat untuk tubuh. Tempe dan tahu merupakan makan yang menyehatkan, tetapi tempel lebih terbaik sebab prosese fermentasinya.

Proses fermentasi ini menjadikan tempe sebagai makanan sumber probiotik, yaitu bakteri baik yang bisa mendukung sistem imun dan melindungi kesehatan usus. Di bawah ini akan dijelaskan manfaat tempe untuk kesehatan tubuh, yaitu :

  1. Membantu Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat

Tempe memiliki kandungan protein yang sangat meningkat. Tidak serupa dengan protein yang bersumber dari hewani, protein yang terdapat di dalam tempe mempunyai khasiat pelengkap untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dan menambah kadar kolesterol baik. Maka dapat disimpulkan bahwa tempe mendukung mengurangi resiko timbulnya serangan jantung, stroke dan penyakit jantung. Bukan itu saja, tempe juga bisa mendukung mengurangi trigliserida dan kadar gula darah bagi pengidap diabetes.

  1. Membantu Mengurangi Tekanan Darah

Tempe memiliki kandungan magnesium, zat ini memiliki kemampuan penting kepada sistem kardiovaskular dan berfungsi kepada lebih dari 300 proses metabolisme di dalma tubuh. magnesium berkhasiat dalam menghindari timbulnya pengentalan darah, mengurangi tekanan darah, melindungi kekuatan tulang dan mendukung menghindrai timbulnya komplikasi yang berhubungan dengan diabetes.

  1. Membantu Melindungi Kesehatan Sistem Pencernaan

Tempe memiliki kandungan serat makanan yang sehat untuk tubuh. Kandungan ini berfungsi untuk mengikat kolesterol dan lemak, sehingga tempe mempunyai kemampuan dalam mendukung mengontrol dan mengurangi berat badan. bukan itu saja, serat yang terdapat di dalamya sangat berfungsi untuk melindungi kesehatan usus dan sistem pencernaan.

  1. Membantu Menghindari Kanker

Tempe mengandung isoflavon yang meningkat, kandungan antioksidan yang berfungsi untuk mencegah dan memperbaiki kerusal sel dampak sinar matahari dan polusi. Kandungan ini juga berperran menjadi sumber anti-kanker dengan melawan sel-sel kanker yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit kanker rahim, payudara dan prostat.

  1. Membantu Menangani Tanda-tanda Menopause

Masih tentang isoflavon, tempe bisa mendukung mengontrol estrogen. Kandungan isoflavon yang terdapat didalamnya dapat menurunkan rasa panas di badan dan rasa yang kurang nyaman bagi perempuan menopause.

  1. Sumber Energi

Tempe memiliki kandungan riboflavin atau vitamin B2. Kandungan ini bersifat larut di dalam air dan mudah dicerna. Riboflavin mempunyai fungsi penting untuk metabolisme energi dan diperlukan untuk metabolisme zat keton, lemak, protein dan karbohidrat. Bukan itu saja vitamin ini juga berfungsi untuk memproduksi sel darah merah. Jika mengalami penurunan vitamin ini akan mempengaruhi pembentukan energi tubuh. gejala-gejala utam dari menurunnya riboflavin umumnya yaitu sakit tenggorokkan dan bibir pecah-pecah.

  1. Melawan Infeksi Penyakit

Di dalam tempe memiliki jamur rhizopus yang bisa membentuk antibiotik alami yang berfungsi untuk menghindari terserang infeksi oenyakit disentri dan diare.

Simak juga artikel terkait tentang Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan.

Itulah manfaat tempe bagi kesehatan tubuh, maka anda sebaiknya membiasakan diri untuk mengkonsumsi tempe. Jika ingin mendapatkan manfaatnya secara maksimal Anda dapat mengkonsumsinya secara teratur dan rutin dan tidak dianjurkan dengan jumlah yang berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *